Gaya Hidup

Bahaya Penggunaan Headset Bagi Telinga Dan Otak

Mendengarkan music dan lagu favorit memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Beberapa jenis music dapat membuat pikiran penat kita menjadi rileks. Jenis music lainnya juga dapat membuat kita yang sempat surut kembali membara sehingga siap menghadapi hari berat sekalipun. Mendengarkan music melalui headset atau Headphone akan lebih praktis dan jelas. terlebih saat ini sudah ada pula Headphone yang dilengkapi Bluetooth sehingga membuat kita lebih praktis ketika mendengarkan music. Tapi tahukah Anda jika penggunaan headset atau Headphone yang terlalu sering dapat membahayakan kesehatan?

Bahaya Penggunaan Headset Atau Headphone

Alunan music yang menyenangkan seringkali membuat kita lupa bahwa kita telah menggunakan headset terlalu lama. Padahal, penggunaan headset yang terlalu lama sangat membahayakan kesehatan telinga dan mempengaruhi kinerja otak. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Bahaya Untuk Kesehatan Telinga

Telinga memiliki gendang telinga yang merupakan selaput tipis dan mudah sekali rusak. Music yang kita dengarkan melalui headset selama berjam-jam dapat membahayakan selaput tipis pada gendang telinga. Belum lagi frekuensi music yang terlalu keras juga dapat menyebabkan rusaknya gendang telinga kita. Kerusakan yang terjadi dapat berupa kerusakan sementara ataupun permanen.

Bakteri yang terdapat pada headset juga dapat memperparah kondisi kesehatan telinga. Terlebih jika headset yang kita gunakan juga digunakan oleh orang lain. Penyebaran bakteri dari satu telinga ke telinga lain akan lebih mudah. Hal tersebut dapat menyebabkan kita kehilangan kemampuan mendengar kita akibat telinga yang terinfeksi dan gendang telinga yang rusak. Jika kebiasaan buruk tersebut terus dilakukan, kerusakan permanen pada telinga tidak akan dapat dihindari.

Bahaya Untuk Kesehatan Otak

Penelitian menyebutkan headset dan earphone yang sering kita gunakan mendengarkan music ternyata memancarkan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik tersebut sangat membahayakan kesehatan otak kita. Kinerja otak dapat menurun akibat hentakan yang dihasilkan oleh music keras yang kita dengarkan menggunakan headset. Penelitian dilakukan pada tumbuhan yang diperdengarkan dua music yang berbeda, yaitu music keras dan music lembut. Tumbuhan yang diperdengarkan dengan music keras akan lebih cepat layu dibandingkan dengan yang diperdengarkan music lembut.