Ekonomi

Berkah Usaha Di Bulan Suci Ramadhan

Beberapa hari ke depan kita semua, khususnya umat Muslim akan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan rahmat ini memang sangat dinantikan oleh umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain bulan yang sangat tepat untuk mengumpulkan banyak pahala, bulan Ramadhan juga dapat dijadikan sebagai saat yang tepat untuk mencari rejeki tambahan. Banyak bisnis musiman yang dapat kita lakukan selama bulan Ramadhan berlangsung.

Berkah Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang bulan yang sangat penuh dengan berkah yang melimpah. Terbukti dengan pintu rejeki yang terbuka lebar jika saja kita mau berusaha. Ada banyak bisnis yang sangat menjanjikan yang dapat kita lakukan selama bulan Ramadhan. Beribadah sambil mencari tambahan rejeki tentu akan menambah pahala kita jika harta yang kita dapat dipergunakan dengan baik. Berikut beberapa usaha sampingan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan.

  1. Jual ketupat

Ketupat dan lebaran bagai dua sisi mata koin yang tidak dapat terpisahkan. Beberapa hari sebelum lebaran permintaan ketupat di pasaran akan meningkat sangat tajam. Harga ketupat juga dapat naik hingga 3-5 kali dari hari biasanya. Hal tersebut terjadi karena ketupat adalah menu khas lebaran yang wajib ada setiap lebaran tiba. Peluang bisnis jualan ketupat memang sangat menjanjikan.

  1. Jual kembang api

Ketika malam tiba, selepas sholat maghrib atau sholat tarawih biasanya ada saja orang yang menyalakan kembang api. Selama bulan Ramadhan, kegiatan memang banyak dilakukan saat malam hari, seperti sholat tarawih berjamaah di masjid. Kegiatan ini dimeriahkan dengan adanya kembang api yang sering menghiasi langit malam selama bulan Ramadhan. Hal tersebut tentu meningkatkan penjualan kembang api dibanding dengan hari biasa.

  1. Jasa sewa mobil

Satu lagi tradisi khas lebaran yang masih berjalan hingga saat ini adalah mudik lebaran. Ribuan orang akan kembali ke kampung halaman beberapa hari sebelum hari lebaran tiba. Bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi, namun enggan naik transportasi umum, menyewa kendaraan adalah pilihan terbaik. Jika ada kendaraan yang tidak terpakai, lebih baik disewakan karena bisa mendapat pendapatan tambahan.