Ekonomi

Cara Membuat Anak Kuat Berpuasa

Memahami anak-anak adalah salah satu hal yang gampang-gampang sulit. Mengasuh seorang anak bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan pendidikan dan pengetahuan yang cukup untuk mencetak kepribadian anak yang baik. Salah satu hal yang wajib ditanamkan pada anak sedari dini adalah agama. Dari kecil anak harus diberi tahu batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Salah satu hal yang harus diajarkan kepada anak adalah puasa. Anak-anak adalah kelompok yang pasti mengeluh ketika berpuasa. Mereka tidak terbiasa menahan lapar dan haus. Selain itu, mereka juga sangat rentan untuk membatalkan puasa tanpa sepengetahuan orang tua. Mereka seringkali tergoda dengan snack takjil yang sudah dijual mulai dari ba’da Ashar.

Bagaimana Cara Membuat Anak Kuat Berpuasa?

Sebagai orang tua, Anda wajib memberikan ajaran dan mengawasi jalannya puasa anak. Anda juga tidak boleh memaksakan jika anak memang belum kuat berpuasa. Terlebih lagi anak-anak yang belum baligh juga tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, Anda harus pintar mencari cara bagaimana melatih anak untuk berpuasa. Anda bisa menggunakan cara dengan mengiming-imingi snack takjil yang lezat nantinya.

Beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar anak kuar berpuasa adalah:

  1. Melatih anak berpuasa secara bertahap

Sedari kecil, kenalkan ibadah puasa dan berikan pengertian kepada anak. Setelah mereka memahami, cobalah melatih anak untuk menjalankan puasa mulai dari puasa selama beberapa jam sesuai kemampuan anak. Berikan juga motivasi kepada anak bahwa balasan dari puasa adalah surga.

  1. Berikan menu yang paling disukai anak

Ini adalah salah satu tips yang paling menarik perhatian anak. Anda bisa memberikan snack takjil dan makanan yang paling disukai anak ketika berbuka dan sahur.

  1. Atur waktu bermain dan istirahat yang cukup

Masa anak-anak adalah masa dimana anak banyak sekali bermain. Namun, Anda perlu mengawasi agar anak tidak bermain yang terlalu berat dan melelahkan. Hal tersebut akan membuat anak tidak kehabisan banyak energi dan meminta untuk tidak melanjutkan puasanya.