Gaya Hidup

Cara Mudah Atasi Belekan

Mata adalah salah satu organ tubuh yang sering terpapar bakteri ataupun virus. Terlebih lagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Mata Anda akan lebih mudah terpapar debu atau bakteri di udara. Oleh karena itu, mata Anda akan lebih mudah terkena iritasi ataupun gangguan lainnya. Belakan atau konjungtivitis adalah suatu kondisi dimana mata akan mengeluarkan lendir yang berlebih akibat peradangan pada mata. Gejala yang ditimbulkan dari belekan berupa keluarnya mukus yang kental dan keluar di malam hari sehingga ketika bangun tidur di pagi hari mata akan sulit dibuka.

Cara Mengatasi Belekan

Penyebab belekan atau konjungtivitis biasanya karena alergi terhadap bulu, debu, angin dan parasit. Namun kebanyakan kasus belekan atau konjungtivitis disebabkan oleh bakteri dan virus. Penggunaan lensa mata yang tidak steril juga bisa menyebabkan belekan. Tanda dan gejala yang dirasakan ketika menderita belekan diantaranya adalah mata terasa gatal dan perih, mata merah, kelopak mata bengkak, penglihatan menjadi kabur dan kesulitan membuka mata ketika Anda bangun tidur karena banyak kotoran. Gejala-gejala tersebut bisa dihilangkan dengan melakukan kegiatan seperti mencuci tangan sebelum menyentuh mata, tidak menggosok mata, cuci mata dengan air bersih dan gunakan kacamata ketika berada di tempat berdebu. Untuk mengobati mata belekan, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  1. Mengompres mata dengan kain yang dibasahi air hangat. Cara ini bertujuan untuk membersihkan kotoran dan mengurangi bengkak mata.
  2. Ketika belekan, jangan mengucek mata karena hal ini dapat membuat infeksi semakin parah.
  3. Hindari kegiatan yang bisa menyebabkan alergi mata seperti menggunakan make up dan jangan membiarkan mata terkena debu, angin dan asap.
  4. Berhenti menggunakan lensa mata ketika sedang belekan. Karena hal ini bisa menghalangi udara yang diperlukan kornea. Jika kornea kekurangan oksigen, bisa menimbulkan belek yang lebih berbahaya.
  5. Hindari penggunaan obat tetes mata yang mengandung antibiotik tanpa resep dokter. Karena, dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan radang.
  6. Periksa ke dokter.