Gaya Hidup

Ingin Membeli AC Untuk Kamar Tidur? Begini Tipsnya

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips dalam membeli AC untuk kamar tidur. Kamar tidur merupakan salah satu tempat yang wajib ada dalam suatu rumah. Kamar ini berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat dan sejenak melupakan rutinitas hidup. Pemilihan AC ini dapat dilakukan melalui tipe AC, seperti AC low watt, AC inverter, dan AC standar. Pemilihan AC tentunya harus didiskusikan dulu dengan pasangan Anda, karena jika suami Anda mengidap alergi dingin maka akan sia-sia jadinya pembelian AC yang Anda lakukan. Selain itu Anda pun harus memperhatikan beberapa aspek berikut ini.

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Hendak Membeli AC Untuk Kamar Tidur

  • Jenis AC

Jenis AC yang cocok untuk kamar tidur Anda yaitu split wall. AC jenis ini dipasang di dinding kamar Anda dengan ketinggian tertentu. AC split wall dengan tipe AC low watt terdiri dari dua yaitu indoor dan outdoor yang dipasang secara terpisah sehingga tidak menimbulkan suara yang dapat mengganggu kenyamanan tidur Anda.

  • Menentukan besarnya PK (Paars KrACht)

Penghitungan PK disesuaikan dengan besarnya ruangan yang akan mempengaruhi daya listrik yang digunakan. Perhitungan menggunakan rumus tertentu, yang dapat Anda perkirakan pertambahan biaya listrik yang harus dibayar disesuaikan dengan luasnya kamar tidur.

  • Merk AC

Beberapa merk AC menyajikan spesifikasi handalnya masing-masing. Dalam memilih merk juga disesuaikan dengan tipe yaitu AC low watt atau AC inverter ataupun AC standar. Hal ini tergantung kebutuhan udara sejuk dikamar Anda. Jika Anda menginginkan udara sejuk kurang dari enam jam, Anda dapat membeli merk AC dengan tipe low watt.

  • Letak pemasangan AC

Penempatan AC dalam ruangan kamar tidur juga perlu diperhatikan, karena akan mempengaruhi sebaran udara dan desain interior dari suatu ruangan. Usahakan AC terletak pada dinding strategis sehingga tidak mengganggu pandangan dan kesejukan udara dapat tersebar secara merata.

  • Perawatan AC

Perawatan ini dapat disesuaikan dengan merk, jenis, dan bentuk AC. Pembersihan ini harus rutin dilakukan agar udara sejuk yang dirasa merupakan udara sehat dan terlindung dari penyakit.