Informasi

Kriteria Paving Block Yang Baik

Paving block digunakan untuk bahan pengerasan jalan sebagai pengganti pengeras jalan seperti aspal, beton, atau lainnya. Paving ini memiliki daya tekan yang cukup tinggi sehingga mampu menahan beban yang cukup berat baik. Mungkin sekarang ini kita sudah sering menemukan penggunaan paving ini di sekitar lingkungan kita. Paving ini sendiri mempunyai berbagai macam jenis dengan mutu dan kualitas yang berbeda. Sekarang ini masih saja banyak beredar produk paving ini yang kualitas atau mutunya tidak memenuhi standar. Secara umum, sebagian besar masyarakat hanya melihat dari perspektif harga saja ketika memilih paving ini. Masyarakat lebih banyak mengutamakan harga yang murah dan mengesampingkan seberapa baik kualitasnya baik dari segi kekuatan maupun ketahanan untuk jangka panjang. Hal tersebut yang menjadi problematika sampai sekarang ini. Maka dari itu sebelum kita memutuskan untuk membeli paving jenis ini kita perlu mengetahui apa saja ciri-ciri paving yang baik supaya kita tidak salah dalam memilih.

Bagaimana Kriteria Paving Block Yang Baik?

Berikut ini merupakan beberapa kriteria paving block yang baik antara lain pertama, paving jenis ini dengan kualitas baik umumnya memiliki bentuk yang presisi. Semua paving ini yang dibuat harus  memiliki bentuk dan  ukuran yang sama serta rapi. Hal ini dikarenakan  karena  ukuran yang sama  dan rapi akan berpengaruh terhadap proses pemasangan. Paving jenis ini harusnya memiliki struktur yang padat bebas dari lubang, gelembung, celah, dan retak. Kemudian, kita bisa menguji coba dengan menggoresnya. Ketika paving ini digores lalu ada serpihan atau elemen yang lepas  itu menandakan bahwa paving jenis tersebut memiliki sturktur yang keropos dan sebaliknya, jika tidak ada serpihan yang terlepas menandakan bahwa paving tersebut memiliki struktur yang padat dan kokoh.

Kualitas paving jenis ini yang baik pasti akan memiliki suara yang nyaring ketika di ketuk atau diadu antar paving secara bersama. Uji coba sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui ketahanan paving adalah dengan menjatuhkan paving dari ketinggian sekitar 1 meter. Paving dengan ketahanan yang baik seharusnya tidak pecah atau patah setelah dijatuhkan. Itulah beberapa ciri paving blok yang bagus. Jangan ragu untuk menanyakan kualitas paving pada penjual untuk meyakinkan Anda atau dapat dicari tahu informasinya melalui alamat http://www.pavingblockindonesia.com.