Gaya Hidup

Macam-Macam Jalur Pendidikan Di Indonesia

Pendidikan sangat penting untuk membentuk pola pikir dan membangun karakter generasi muda. Bahkan di dalam UUD Negara kita disebutkan bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan minimal 12 tahun. Namun dalam praktiknya, ada banyak sekali anak yang kurang beruntung tidak mendapatkan pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan. Padahal pendidikan non formal maupun formal di Indonesia ada banyak sekali yang seharusnya dapat mencerdaskan mereka. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jalur pendidikan yang dapat dijadikan sebagai wadah bagi pelajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Jalur Pendidikan Di Indonesia

Terdapat tiga jalur pendidikan di Indonesia yaitu pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan non formal. Setiap jalur pendidikan ini saling melengkapi dan menambah totalitas dalam proses pembelajaran siswa. Di bawah ini ulasan singkat mengenai ketiga jalur pendidikan tersebut.

  1. Pendidikan Formal

Pendidikan formal merupakan pendidikan resmi dan terstruktur yang memiliki jenjang mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan perguruan tinggi. Semua anak di Indonesia seharusnya mendapat pendidikan formal seperti yang dijanjikan oleh pemerintah. Namun, penyebaran pendidikan di Indonesia yang belum merata, khususnya daerah-daerah terpencil, dan tingginya biaya pendidikan menjadikan banyak anak-anak tidak dapat mendapatkan pendidikan seperti yang seharusnya.

  1. Pendidikan Informal

Pendidikan informal merupakan pendidikan yang didapat di luar lembaga pendidikan, yaitu keluarga dan lingkungan. Walaupun pendidikan informal bukan didapat dari lembaga pendidikan resmi, pendidikan informal berperan sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Salah satu contoh dari pendidikan informal adalah pendidikan anak usia dini. Keluarga merupakan lembaga pendidikan utama setiap anak yang kemudian akan berkembang pada lingkungan yang juga memberikan peran besar dalam membentuk karakter mereka.

  1. Pendidikan Non-Formal

Pendidikan non-formal merupakan pendidikan yang terstruktur dan mempunyai jenjang namun berada di luar pendidikan formal. Contoh dari pendidikan non formal adalah lembaga kursus, pendidikan anak usia dini, berbagai macam organisasi dan kelompok belajar, pendidikan kesetaraan paket A untuk sekolah dasar, paket B untuk sekolah menengah pertama dan paket C untuk sekolah menengah atas.