Gaya Hidup

Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dewasa

Berat badan yang ideal pastinya menjadi idaman semua orang, khususnya wanita. Dengan memiliki berat badan yang ideal, kita bisa memiliki bentuk tubuh yang menarik. Selain itu, memiliki berat badan yang ideal juga bisa menjauhkan kita dari penyakit sebab organ-organ tubuh kita dapat bekerja secara lebih optimal pada berat badan yang ideal.

Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan bagaimana cara menghitung berat badan ideal untuk pria dewasa. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas sedikit mengenai rumus penghitungan berat badan yang ideal untuk wanita dewasa. Nah, jika Anda belum mengetahuinya, silakan Anda simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Untuk Wanita Dewasa

Perlu diingat bahwa berat badan ideal dan berat badan normal adalah dua hal yang berbeda. Jika Anda memiliki berat badan ideal, maka dapat dipastikan bahwa berat badan Anda berada di batas normal. Namun, sebaliknya, memiliki berat badan yang normal, belum tentu Anda memiliki berat badan yang ideal. Meski demikian, rumus menghitung berat badan ideal dan berat badan normal sama-sama didasarkan pada tinggi badan seseorang dalam satuan centimeter.

Selain itu ukuran berat badan normal juga berlaku untuk semua orang, baik pria maupun wanita. Cara menghitungnya pun lebih mudah, yaitu cukup menghitung tinggi badan dalam satuan centimeter lalu dikurangi dengan angka 100.

Nah, untuk mengetahui berat badan ideal untuk wanita, bisa juga menerapkan rumus Broca seperti saat menghitung berat badan ideal untuk pria. Namun, perbedaannya disini ialah angka yang digunakan untuk persentase. Untuk wanita, berat badan ideal dihitung dengan rumus berikut:

Berat ideal wanita dalam satuan kg = (x cm (tinggi badan) – 100) – ((x cm (tinggi badan) – 100) x 15%)

Perbedaan dalam penghitungan berat ideal bagi pria dan wanita terlihat pada angka 10% dan 15%. Untuk wanita digunakan angka 15%. Jadi, jika tinggi badan Anda adalah 160 cm, maka berat badan ideal Anda adalah (160 – 100) – ((160 -100) x 15%) = 60 – 9 = 51 kg. Pastikan berat badan Anda tidak jauh dari angka 51 kg ya!