Ekonomi

Nilai dan Fungsi Pakaian Sebagai Identitas Diri

Seiring dengan perkembangan budaya akibat pengaruh budaya lain, baju yang kita kenakan saat ini bukan hanya berfungsi sebagai pelindung dan penutup tubuh, namun memiliki banyak nilai dan fungsi. Salah satunya adalah sebagai identitas diri. Ada  banyak sekali identitas diri yang dapat terlihat hanya dari baju yang kita kenakan, mulai dari identitas gender, profesi, dan agama. Ketiga aspek tersebut dapat langsung kita ketahui hanya dengan mengenakan atau melihat cara berpakaian seseorang. Berikut tiga identitas yang ditunjukkan melalui baju yang kita pilih dan kenakan.

Identitas Diri Tercermin Dari Baju Yang Kita Pakai

Sadarkah kita, bahwa baju yang kita pakai tanpa sadari menunjukkan identitas diri kita? Berikut beberapa identitas diri yang tercermin dari pakaian yang sering kita kenakan.

  1. Identitas gender

Identitas diri yang satu ini jelas sekali terlihat dari pakaian yang kita kenakan. Pakaian perempuan cenderung mempunyai banyak model, corak, pola dan warna yang bermacam-macam. Walaupun ada beberapa yang memang dibuat sederhana. Sedangkan pakaian laki-laki akan cenderung lebih simple dan monokrom. Pakaian laki-laki tidak terlalu menonjolkan warna, maupun corak.

  1. Identitas profesi

Saat ini, ada banyak sekali profesi harus menggunakan seragam khusus untuk menunjukkan identitas mereka. tentara dengan seragam bercorak hijaunya, murid sekolah dasar dengan seragam merah putihnya, murid SMP dengan seragam putih birunya, murid SMA dengan seragam putih abu-abunya, dokter dengan jas putihnya, dan banyak sekali profesi lain yang menggunakan seragam sebagai identitas mereka. Ketika mengenakan seragam tersebut, orang yang melihatnya pasti langsung dapat menebak pekerjaan apa atau tingkat sekolah apa mereka saat ini. Tidak hanya sampai di situ, para komunitas tertentu juga sudah banyak yang memakai seragam dan membuat baju desain sendiri dengan memesan pada situ http://pabrikbajumurah.com untuk menunjukkan identitas diri mereka.

  1. Identitas agama

Semua orang mengetahui bahwa perempuan yang menggunakan baju panjang dan jilbab merupakan Muslimah, laki-laki dengan baju koko dan kupluk merupakan seorang muslim. Identitas-identitas seperti itulah yang ditunjukkan oleh baju yang kita kenakan.