Ekonomi

Peluang Usaha Kain Batik Nusantara

Batik merupakan salah satu kain kebanggaan masyarakat Indonesia. Kain asli Indonesia ini memang memiliki nilai keindahan yang tidak ada duanya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak masyarakat luar negeri yang ikut jatuh cinta dengan pesona keindahan yang tersaji dalam setiap lembaran kain batik. Sebagai salah satu kain warisan nenek moyang Indonesia yang sangat berharga, maka seluruh masyarakat Indonesia wajib melestarikannya agar kain asli Indonesia ini tidak diakui oleh negara lain. Salah satunya adalah dengan cara bangga menggunakan baju batik dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Selain itu, kita juga bisa ikut melestarikan kain batik dengan cara menjadi distributor kain batik ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Dengan begitu, maka keindahan  kain batik dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan juga oleh masyarakat dari negara asing.

Mengenal Beragam Teknik Pembuatan Kain Batik Di Indonesia

Peluang usaha kain batik memang sangat menjanjikan. Hal ini disebabkan karena permintaan masyarakat terhadap kain batik memang sangat tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mencari penghasilan dengan cara membuat kain batik. Pembuatan kain batik sendiri dapat dilakukan menggunakan beberapa teknik, di antaranya adalah:

  • Batik printing
  • Batik cap
  • Batik tulis

Ketiga teknik pembuatan batik tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Batik tulis merupakan jenis kain batik terbaik di antara beberapa jenis kain batik lainnya. Proses pembuatannya membutuhkan ketekunan dan waktu yang lama. Oleh karena itu, tidak heran jika kain batik tulis selalu dibanderol dengan harga yang mahal.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi distributor kain batik, maka ada banyak jenis kain batik yang siap mengisi stok di gudang Anda. Beberapa jenis kain batik yang wajib ada di daftar stok Anda antara lain kain batik pekalongan, batik sokaraja, batik Banyumas, batik Yogyakarta, batik solo, batik betawi, dan beberapa jenis batik lainnya. Berbagai jenis kain batik tersebut tentunya memiliki corak atau motif yang menjadi ciri khas tersendiri. Yuk, lestarikan kain batik dengan cara menjadi distributor kain batik di Indonesia!