Gaya Hidup

Pentingnya Memperoleh Pendidikan Non Formal

Edukasi atau pendidikan merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan dibutuhkan demi meningkatkan taraf kesejahteraan hidup masyarakat. Pendidikan di suatu Negara harus bisa diakses dengan mudah oleh masyarakatnya. Sementara itu, jenis-jenis pendidikan pun beragam yang mana bisa saling melengkapi satu sama lain. Selain untuk mendapat pengetahuan dari pendidikan formal seperti sekolah, masyarakat juga perlu untuk bisa mendapatkan pendidikan non formal. Pendidikan dari lembaga non formal ini dapat memberikan ilmu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan yang tidak mampu tercakup ke dalam kurikulum pendidikan formal. Pengetahuan-pengetahuan praktis yang bisa membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari bisa saja diraih melalui pendidikan berbasis lembaga non formal.

Macam-Macam Pendidikan Non Formal

Adapun macam-macam pendidikan di bidang non formal ini meliputi berbagai bidang praktis yang berkaitan dengan keterampilan-keterampilan yang mampu untuk mendukung kemampuan seseorang untuk bisa berkembang lebih jauh lagi serta bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi. Pendidikan non formal ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga-lembaga kursus, lembaga pelatihan kerja (LPK), dan lain sebagainya. Tujuan dari pendidikan tersebut ialah memberikan pengetahuan atau ilmu, baik ilmu dasar ataupun lanjutan mengenai bidang tertentu, yang berguna untuk melengkapi atau sebagai tambahan dari pengetahuan yang sudah dicapai dari pendidikan formal. Contohnya adalah kursus-kursus tambahan mata pelajaran bagi siswa sekolah, atau kursus keterampilan untuk masyarakat umum seperti kursus menjahit, kursus komputer, kursus bahasa asing, dan sebagainya.

Sementara itu, pendidikan yang berbasis lembaga non formal ini memiliki tujuan serta peranan yang penting. Hal ini dikarenakan tujuan dari pendidikan tersebut ialah membantu masyarakat luas untuk bisa mendapatkan pengetahuan yang tidak tercantum di dalam kurikulum pendidikan formal, sehingga masyarakat bisa dan mampu untuk memanfaatkan ilmu dan pengetahuan dari lembaga non formal tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan. Lebih jauh lagi, pendidikan non formal berperan dalam membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui program-program pelatihan pada bidang keahlian tertentu.